Beranda Berita Tingkatkan Pelayanan, Lapas Tenggarong Luncurkan Aplikasi E-KUMALA

Tingkatkan Pelayanan, Lapas Tenggarong Luncurkan Aplikasi E-KUMALA

0
105

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tenggarong meluncurkan aplikasi E-KUMALA untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat, khususnya keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (5/7). Aplikasi E-KUMALA merupakan singkatan dari Elektronik Kunjungan Pengaduan, Informasi, dan Layanan Lapas yang menampilkan fitur layanan kunjungan, layanan pengaduan, profil Lapas, dan hasil karya WBP.

Dikatakan Kepala Lapas Tenggarong, Agus Dwirijanto, aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan kualitas layanan Pemasyarakatan di Lapas Tenggarong. “Aplikasi ini dibuat guna mengurangi interaksi masyarakat dengan petugas pada masa pandemi ini sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan akses layanan Pemasyarakatan yang tersedia di Lapas Tenggarong,” ujarnya.

Agus menambahkan peluncuran ini adalah wujud dari tata nilai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Integritas serta Lapas Tenggarong “BAIK”. “Kami membuka diri terhadap kritik dan saran terkait aplikasi ini karena masih banyak kekurangan dan pembenahan perlu dilakukan guna peningkatan akses aplikasi ini lebih baik di mana tahap awal masih berbasis Android,” terangnya.

Sementara itu, Halif Shodiqulamin selaku Ketua Tim Pelaksana E-KUMALA menuturkan hadirnya aplikasi ini salah satunya sebagai wujud responsif Lapas Tenggarong dalam peningkatan kualitas layanan dengan cara memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi tanpa harus datang ke Lapas. Salah satu fitur unggulan E-KUMALA, selain fitur pengaduan online, juga terdapat fitur informasi hasil karya WBP. Masyarakat dapat mengakses produk-produk Lapas Tenggarong yang dibuat WBP dan dapat dipesan secara online.

“Tujuan dari fitur hasil karya WBP ini diharapkan menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagai implementasi dari Revitalisasi Pemasyarakatan,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here