SOP Penerimaan Tahanan Baru Lapas Kelas IIA Tenggarong, Semua Gratis Tanpa Biaya

    0
    377

    Tenggarong – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong sebagai salah satu UPT di Wilayah Kementrian Hukum dan HAM adalah unit pelaksana dalam hal pembinaan masyarakat yang sedang menjalani hukuman. Dalam perjalanannya, lembaga pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong yang seyogyanya hanya dapat menampung 355 orang, hingga 13 Februari 2021 telah dihuni mencapai 1337 Orang dengan rincian 1081 Narapidana yang telah vonis dan 256 Orang tahanan.

    Sebagai UPT yang memang tugasnya adalah membina, penuh sesaknya ruangan yang ada tidak menjadi alasan untuk tidak menerima Tahanan atau narapidana yang dititipkan. Walaupun secara peraturan menteri Hukum dan HAM Nomor 6 tahun 2013 Bab 1 Pasal 1 No 1 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara fungsi dari penerimaan tahanan, Lembaga pemasyarakatan adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan Narapidana dan Anak didik Pemasyarakatan. Sedangkan untuk menerima Rutan adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan, pasal 1 No 2.

    Namun dalam praktiknya hal tersebut bisa saja mengikuti kondisi yang ada, seperti di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong yang masih saja menerima tahanan atau mereka yang belum mendapatkan status vonis. Karena kembali lagi, bahwa fasilitas rutan di Kabupaten Kutai Kartanegara belum ada.

    Kondisi ini pun kembali berlanjut di masa Pandemi, dimana setiap lini berusaha untuk menekan peredaran wabah corona (Covid-19). Melalui Surat edaran yang dikeluarkan oleh Direktoran Jendral Pemasyarakatan Nomor: PAS7.PK.01.06.06 -19 pada tanggal 30 Mei 2020, tentang pelaksanaan protokol kesehatan dalam Pandemi Covid-19, akhirnya SOP penerimaan tahanan baru pun berubah.

    Tak terkecuali Lembaga Pemasyarkatan Kelas IIA Tenggarong, yang saat ini hanya menerima narapidana yang telah memiliki kekuatan hukum, atau telah di vonis. Tentu saja juga dengan melaksanakan protokol-protokol kesehatan.

    SOP Penerimaah Tahanan Baru

    Adapun SOP penerimaan tersebut adalah sebagai berikut;

    1. Dilakukan pengecekan rapid test anti body pada tahanan/narapidana yang akan memasuki lapas
    2. Dilakukan pengecekan berkas dahulu disertai validasi oleh pejabat terkait, adapun berkas yang dilakukan pengecekan adalah kelengkapan dan berkas penahanan. Setelah itu adalah pencocokan antara berkas yang ada dengan identitas.
    3. Membuat berita acara penerimaan tahanan baru
    4. Menempatkan di blok terpisah

    Prosedur tersebut dilaksanakn demi tertibnya pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong. Selama proses penerimaan tahanan baru ke Lapas Kelas IIA Tenggarong hingga penempatan kamar Tidak Dipungut Biaya Sepeser Pun. Selain daripada penerimaan hingga penempatan kamar, proses-proses pelayanan lainnya juga sama Tidak dipungut biaya Sepeser Pun.

    Bagi masyarkat atau keluarganya berada di lembaga pemasyarakatan dan dimintai oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong, dapat menghubungi langsung ke nomer tertera. (08125815001)

    SOP Penerimaan Tahanan Baru Lapas Kelas IIA Tenggarong, Semua Gratis Tanpa Biaya

    Semoga dalam melaksanakan pelayanan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong dapat selalu bersinergi, demi membangun negeri. Karena keberhasilan dalam pembinaan tidak lepas dari peran serta Masyarakat. Salam. Humas Lapas Tenggarong

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here