Hasil Survey IKM Dan IPK Lapas Tenggarong Februari

0
48

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah Data informasi tentang tingkat kepuasaan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Indeks Kepuasan Masyarakat dapat dipergunakan sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh instansi pemerintah.

kegiatan tersebut sangat penting karena hasilnya dapat bermanfaat untuk mengetahui tingkat kinerja penyelengaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodic.

Selain itu juga dapat mengetahui adanya data perbandingan antara harapan dan kebutuhan dengan pelayanan melalui informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan public.

Berdasarkan hasil survey management Balitbangham periode 28 februari pada aplikasi 3A,Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong dipersepsikan memperoleh predikat sangat baik.Hal ini terlihat dari nilai IKM yang di peroleh adalah nilai 19.98.

Transparency International adalah organisasi non-pemerintah berskala internasional yang bertekad untuk memerangi ketidakadilan yang disebabkan oleh korupsi. Salah satu publikasi tahunan yang dikeluarkan oleh organisasi ini adalah hasil survei yang dikenal sebagai Indeks Persepsi Korupsi (IPK).

Tujuan dan manfaat dari Pelaksanaan Survei Indeks Persepsi Korupsi adalah tersusunnya rekomendasi terkait kajian menuju zona integritas wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Dari hasil Survei Indeks Persepsi Korupsi yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong memiliki Indeks Persepsi Korupsi 15,00 atau masuk pada kategori Bersih dari Korupsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here