Guna Mencegah Terjadinya Overstaying, Lapas Kelas IIA Tenggarong Lakukan MoU Dengan Instansi Terkait

0
22

Guna Mencegah Terjadinya Overstying, Lapas Kelas IIA Tenggarong Lakukan MoU Dengan Instansi TerkaitTenggarong – (09/06/2021) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tenggrong, Agus Dwirijanto bersama Kepala Kepolisian Resor Kutai Kartanegara, Kejaksaan Negeri Kutai Kartanegara, dan Pengadilan Negeri Tenggarong melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) tentang zero overstaying penahanan, berlangsung di Aula Mako Polres Kukar, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud nyata dari Lapas Tenggarong dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran hak warga binaan yang masih menjalani masa tahanan dan atau persidangan.

Guna Mencegah Terjadinya Overstying, Lapas Kelas IIA Tenggarong Lakukan MoU Dengan Instansi Terkait

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Tenggarong dan Kepala Lapas Khusus Anak Kelas II A Samarinda yang juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan pihak Polres Kukar.

Kalapas Tenggarong Agus Dwirijanto mengatakan, kegiatan ini selain bentuk jaminan pelaksanaan pemenuhan hak warga binaan yang sedang menjalani penahanan dan atau persidangan, juga sebagai wujud terjalinnya sinergitas antara Lapas dengan Polres Kukar yang selama ini terbangun dengan baik.

“Kegiatan yang hari ini kami laksanakan memiliki 2 tujuan, pertama sebagai upaya Lapas Tenggarong dalam menjamin terpenuhinya hak warga binaan yang masih berstatus tahanan, kedua sebagai bukti konkrit terjalinnya sinergitas antara Lapas dengan Polres yang selama ini berterjalin dengan sangat baik,” ujarnya.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting dalam sambutannya, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak Lapas dalam rangka penanganan overstaying ini, dan diharapkan dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman ini bisa menjadi check and balancing dari pihak Lapas kepada kami maupun sebaliknya.

Guna Mencegah Terjadinya Overstying, Lapas Kelas IIA Tenggarong Lakukan MoU Dengan Instansi Terkait

Lebih lanjut Ahmad Harnaldi mengatakan soal penanganan overstaying di Lapas Tenggarong, menuturkan, bahwa selama ini di Lapas belum terdapat tahanan yang mengalami overstaying.

“Dan diharapkan hal ini dapat dipertahankan dan menjadi perhatian serius bagi kami yang secara tugas dan fungsi menangani masalah tersebut,” tutupnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelayanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong ke depan dapat semakin baik lagi. Dan tentunya kerjasama Lapas Tenggarong semakin kuat dengan instansi terkait, sehingga pelayanan masyarakat semakin baik. by: Humas Lapas Tenggarong

#LapasTerBaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here