Pelatihan Kemandirian Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong, Bentuk Komitmen Dalam Pembinaan Warga Binaan Pemsyarakatan

    0
    235
    Pelatihan Kemandirian Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tenggarong, Bentuk Komitmen Dalam Pembinaan Warga Binaan Pemsyarakatan
    Pelatihan Las Listrik

    Tenggarong – Tolak ukur keberhasilan dalam pembinaan salah satunya adalah WBP yang telah selesai menjalani pembinaan dapat menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi lagi. Selain daripada itu bentuk keberhasilan dalam pembinaan adalah, manakala WBP yang telah bebas nantinya memiliki bekal yang dapat diaplikasikan untuk menjalankan fungsi sebagai manusia susila dan pembangunan. Hal ini seperti termaktub dalam Catur Darma Narapidana nomer satu yang isinya adalah sebuah tujuan untuk menjadi manusia yang Ber-pancasila dan menjadi manusia pembangunan yang aktif dan produktif.

    Dalam upayanya mendukung keberhasilan tersebut, lembaga pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong melalui bidang kegiatan kerja melaksanakan sejumlah pelatihan-pelatihan. Pelatihan-pelatihan tersebut adalah sebagai upaya melaksanakan program kerja sekaligus sebagai sebuah Komitmen Lapas kelas IIA Tenggarong dalam melayani dan pembinaan, agar  WBP menjadi Masyarakat Pembangunan Setelah Selesai Melaksanakan Pembinaan Di Lapas Tenggarong.

    Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

    Adapun pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah pelatihan Tata Boga, Desain, Otomotif, Barbershop, Las Listrik, Dan Ukir tekan. Dan untuk pelatihan yang baru-baru saja dilaksanakan adalah Las listrik yang dilaksanakan mulai tanggal 20-30 Juli yang dibagi menjadi 2 gelombang. Adapun pelatihan ukir tekan yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus sampai dengan 8 Agustus 2020.

    Pelatihan Las listrik dan Ukir tekan sendiri dilaksanakan berkat kerjasama Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong dengan para instruktur yang berkompeten dibidangnya dari SMK Negeri 2 Tenggarong.

    Pelatihan pembinaan Las Listrik dibantu oleh 3 instruktur diantaranya adalah:
    1. Ari Ardani S.Pd
    2. Agus Trihandono S.Pd
    3. Wisnu Nur Kamaludin S.Pd

    Kegiatan pembinaan ukir tekan, instruktur

    1. Rizki Dwi S.Ds
    2. Agus Trihandono S.Pd
    3. Wisnu Nur Kamaludin S.Pd

    Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

    Hasil yang diperlihatkan WBP dalam mengikuti pelatihan cukup memuaskan dimana mereka menghasilkan karya-karya yang sekiranya siap untuk bersaing di pasaran. Hasil ini pun sejatinya tidak hanya sekedar hasil, melainkan sebagai bekal sekaligus membangun kepercayaan diri para WBP untuk siap menghadapi kehidupan setelah mereka selesai melaksanakan pembinaan.

    Terlebih dalam momentum hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang seremonialnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus, sekiranya kegiatan ini akan semakin mengukuhkan jiwa nasionalisme mereka. Pada akhirnya segala yang dilakukan lembaga pemasyarakatan kelas IIA Tenggarong tidak akan berhasil jika dilakukan sendiri, perlu kerjasama dan dukungan dari masyarakat maupun stekholder yang ada. Dan Tentunya menyambut hari Kemerdekaan 17 Agustus semoga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang mandiri dan mertabat. Dirgahayu Indonesia ke 75 Tahun, Merdeka. Humas Lapas Tenggarong

    #LapsTerBaik

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here