Dalam 6 Hari, Lapas Tenggarong Bebaskan 170 Orang Narapidana

0
40

Dalam 6 Hari, Lapas Tenggarong Bebaskan 170 Orang NarapidanaMenindaklanjuti SK yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan corona, lembaga pemasyarakatan kelas IIA tenggarong menyelenggarakan asimilasi dan integrasi rumah kepada sebanyak 170 orang narapidana.

Dalam pernyataannya di Indonesia Lawyers Club (07/04/2020), Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D mengungkapkan bahwa pembebasan narapidana ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona di dalam lembaga pemasyarakatan. Telah kita ketahui bersama bahwasanya lapas dan rutan yang ada di indonesia saat ini tengah mengalami over corwding. Sehingga dengan over crowding yang terjadi, sangat beresiko apabila terjadi penularan covid di dalam Lapas/Rutan.

Dalam 6 Hari, Lapas Tenggarong Bebaskan 170 Orang Narapidana

Berdasarkan data sistem database pemasyarakatan bahwasanya jumlah penghuni lapas/rutan di seluruh indonesia berjumlah 239 ribu dengan kapasitas hanya 132.107. Artinya lapas/rutan di seluruh indonesia mengalami over kapasitas sejumlah 81%.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 02 April sampai dengan 07 April 2020 ini memberikan asimilasi dan integrasi yang diberikan pada narapidana yang telah menjalani 2/3 masa hukumannya di dalam lapas. Adapun sebaran alamat per wilayah tempat pelaksanaan asimilasi dan integrasi di rumah dari narapidana adalah sebagai berikut;

Narapidana yang akan melaksanakan asimilasi dan integrasi di rumah dengan alamat di Wilayah Kutai kartanegara berjumlah 83 orang, Kutai Barat 31 Orang, Samarinda 38 Orang, Balikpapan 4 orang, Mahulu (mahakam ulu) 3 orang, dan sisanya 11 orang dari kota-kota lain di seluruh indonesia. humas lapas tenggarong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here