Kegiatan Orientasi Akhir CPNS Lapas Tenggarong Ditutup Dengan Upacara Pembaretan

0
212

Kegiatan Orientasi Akhir CPNS Lapas Tenggarong Ditutup Dengan Upacara PembaretanOreintasi Akhir CPNS lapas tenggarong – Tuntas sudah rangkaian acara kegiatan orientasi akhir CPNS lapas Tenggarong yang diadakan mulai hari Kamis (27/12/2018) sampai dengan Jum’at (28/12/18). Kegiatan ini sekaligus menandai penggantian pakaian dinas CPNS yang semula hitam putih menjadi seragam dinas resmi kemntrian hukum dan ham. Orientasi akhir ini diikuti oleh seluruh CPNS lapas kelas II b tenggarong yang berjumlah 63 orang yang terdiri dari 62 orang penjaga tahanan dan 1 orang dokter.

Kegiatan Orientasi Akhir CPNS Lapas Tenggarong Ditutup Dengan Upacara Pembaretan

Kegiatan diawali dengan kerja bakti yang dilaksanakan pada hari kamis. Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 08.00-12.00 WITA. Kerja bakti sendiri  dilakukan di lingkungan lapas kelas IIB Tenggarong. Dan siang harinya dilakukan pembersihan di sekitar lapangan kawasan waduk panji sukarame Tenggarong.

Kegiatan hari Jumat diawali dengan upacara yang mana bapak ka lapas Didik Heru Sukoco menjadi pembina. Dalam sambutannya bapak ka lapas tenggarong menekankan pada sinergisitas antar bagian agar kegiatan kerja menjadi maksimal. Lebih lanjut bapak ka lapas mengisntruksikan agar setiap pekerjaan yang dilakukan dapat di bungus dengan baik untuk memberikan nilai tambah dan hasil yang memuaskan.

Kegiatan Orientasi Akhir CPNS Lapas Tenggarong Ditutup Dengan Upacara Pembaretan
bapak edy wiyono selaku ka TU sedang memberikan materi kode etik pada CPNS

Setelah kegiatan upacara dilakukan, pukul 09.00 Wita para CPNS lapas kelas II b tenggarong diarahkan untuk menuju aula atas guna menerima materi terkait pemantapan kode etik, tugas dan fungsi pemasyarakatan dari para pejabat di lingkungan Lapas Tenggarong yang telah ditunjuk. Kegiatan berakhir pada pukul 11.00 yang dilanjutkan dengan ISHOMA.

Kegiatan Orientasi Akhir CPNS Lapas Tenggarong Ditutup Dengan Upacara PembaretanSore harinya pukul 04.00 selepas sholat ashar, CPNS berangkat menuju bumi perkemahan waduk panji untuk melakukan kegiatan kesamaptaan sampai dengan pukul 18.00 WITA. Selepas kegiatan Kesemaptaan para peserta kembali ke Lapas kelas II b tengarong untuk sholat maghirb untuk selanjutnya melakukan persiapan kegiatan penggantian baju dari hitam putih ke Pakaian dinas lapangan secara simbolik pada pukul 20.00 WITA.

Kegiatan di lanjutkan dengan long march sejauh 15km dari bumi perkemahan menuju lapas kelas II b tenggarong di jalan mangkuraja. Hal ini dilakukan untuk melatih fisik para CPNS dan juga dimaksudkan agar para cpns nantinya dapat memupuk jiwa korsa dan kepedulian terhadap sesama.

Sesampainya di lembaga pemasyarakatan kelas II b tenggarong, para peserta bersiap untuk melaksanakan upacara pembaretan yang diikuti seluruh CPNS. Dalam kegiatan yang dilakukan ka lapas menjadi pembina upcara, dan supiansyah agus selaku kasubsi pelaporan & tatib ditunjuk menjadi komandan upcara.

Momen puncak ini menjadi sebuah momen puncak sekaligus penantian para CPNS selama satu tahun untuk mengenakan pakaian dinas. Seragam dinas dari sebelumnya hitam putih, menjadi pakaian dinas resmi kementrian hukum dan HAM. Penantian yang membutuhkan perjuangan ini seyogyanya menjadikan para CPNS khususnya untuk dapat lebih berkontribusi bagi kemajuan lapas, dan pelayanan kepada masyarakat nantinya. (mft)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here