Lapas Perempuan di Kaltim Mulai Dibangun Bulan Ini di Kukar

0
546

Awal tahun depan, Kaltim memiliki gedung Lapas Perempuan Klas IIA Samarinda yang terletak di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Gedung lapas ini bakal dibangun mulai Agustus ini di atas lahan seluas 3.888 m2 hasil hibah dari Pemkab Kukar.

“Proses lelangnya sudah selesai. Pembangunan gedungnya mulai dikerjakan bulan ini dan memakan waktu 4 bulan. Sehingga awal tahun depan gedung lapas perempuan ini sudah bisa ditempati,” kata Teguh Pamuji, Plh Kalapas Perempuan Klas IIA Samarinda ditemui usai Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lapas Perempuan, Jumat (3/8/2018) tadi sore.

Saat ini jumlah napi dan tahanan perempuan yang tersebar di lapas dan rutan di seluruh wilayah Kaltim mencapai 683 orang. Sedangkan gedung lapas perempuan yang bakal dibangun ini memiliki kapasitas hunian 400 orang.

“Artinya, gedung baru nanti bakal mengalami over kapasitas sampai 283 orang,” tuturnya. Sedangkan jumlah pegawai lapas perempuan saat ini mencapai 57 orang.

“Saat ini kami masih menumpang di lapas narkotika, nggak enak menempati rumah orang lain, terima kasih kepada Pemkab Kukar yang menghibahkan lahan sehingga kami bisa punya kantor sendiri,” kata Teguh. Pembangunan gedung lapas perempuan ini dianggarkan oleh Pusat sebesar Rp10,8 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here