Cegah Praktik Pungli, Lapas Kelas IIB Tenggarong Luncurkan Self Service

0
419

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tenggarong meluncurkan layanan self service bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (9/5/2018). Layanan ini diresmikan langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kaltim, Haris Sukamto. Haris berharap kebijakan ini didukung seluruh jajaran Lapas agar transparansi kegiatan pelayanan yang baik dapat segera terwujud.

“Program utamanya, kita membangun zona integritas WBK (Wilayah Bebas Korupsi) menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani), ini bagian dari tahapan yang penting sehingga setiap pelayanan harus melalui IT (teknologi informasi) secara online,” ujarnya.

Peluncuran self service akan memangkas birokrasi yang panjang dan berbelit-belit. Layanan Self Service berbasis Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) ini dapat menampilkan informasi seputar masa penahanan, tanggal bebas, hak-hak yang didapat seperti remisi, tanggal kapan bisa mengikuti program asimilasi dan pembebasan bersyarat.

Dengan Self Service, warga binaan tidak perlu lagi bertemu dan bertanya langsung kepada petugas tentang hak-haknya, mereka cukup menempelkan jarinya pada alat deteksi sidik jari (finger print), maka secara otomatis akan muncul dilayar monitor tentang data diri mereka.
Haris mengemukakan, layanan self service dapat mencegah salah satunya praktik pungli. “Agar tidak lagi orang mau melihat masa depan dia karena tahapannya sudah ketahuan masih dimintai uang, ini sudah tidak akan terjadi lagi,” ucap Haris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here